Cara Menghilangkan Ketombe dengan Cepat Secara Alami

Cara Menghilangkan Ketombe - Pernahkah kulit kepala  anda terasa gatal – gatal dengan disertai jatuhnya serpihan – serpihan sel kulit di pundak ? mungkin itu adalah ketombe. Memang banyak orang yang sangat terganggu dengan adanya ketombe di kepala. Mereka sudah berusaha  keras untuk menghilangkannya tapi ternyata ketombe tak kunjung hilang.

Ketombe itu memang tidak berbahaya, tapi sangat mengganggu dan menjengkelkan. Rasa gatal di kepala, selain mengganggu aktifitas juga menjadikan efek tidak nyaman. Belum lagi serpihan putih yang berjatuhan di pundak, pasti mengurangi percaya diri terutama saat memakai baju hitam. Untuk itu, pada  kesempatan kali ini kami akan berbagi kepada Anda tentang bagaimana caranya menghilangkan ketombe itu ? namun sebelumnya ada baiknya kita tahu dulu tentang pemicu timbulnya  ketombe.

Pemicu Timbulnya Ketombe


Ketombe adalah sel – sel kulit kepala yang mati yang disebkan oleh bermacam – macam sebab, diantaranya disebabakan oleh jamur. Jamur penyebab ketombe ini bisa tumbuh dan berkembang dengan cepat apabila kita tidak berhati – hati sejak sedini mungkin .
Termasuk pemicu tumbuhnya jamur adalah mengikat rambut yang masih keadaan basah, memakai helm dan krudung pada saat kondisi kepala masih lembab dan lain - lain. Oleh karena itu hal ini  harus kita hindari. Jika  anda mengobati ketombe dengan obat  atau denga ramuan tradisional maka anda jangan sekali - kali mengabaikan hal tersebut di atas. Kalau mengabaikannya, maka meskipun awalnya ketombe hilang tapi tidak lama kemudian pasti akan datang lagi.
[baca juga : cara memutihkan wajah secara alami]

Cara Menghilangkan ketombe Dengan cepat secara alami


Langkah yang pertama untuk  menghilangkan ketombe adalah rajin – rajinlah anda keramas, karena semakin jarang anda keramas maka serpihan sel kulit mati akan semakin menumpuk yang mengakibatkan ketombe semakin parah.

Cara Menghilangkan Ketombe
Langkah kedua untuk menghilangkan ketombe adalah dengan menggunakan cara di bawah ini ( pilih salah satu ):

Gunakan jeruk nipis atau jeruk lemon untuk Menghilangkan Ketombe


Anda bisa menggunakan jeruk nipis atau jeruk lemon untuk menghilangkan ketombe. Caranya adalah sebagai berikut :
  • potong tipis – tipis 2 – 4 buah jeruk nipis / lemon
  • kemudian peras airnya, setelah itu oleskan pada kulit kepala
  • diamkan selama kurang lebih ½ jam – 1jam kemudian bilas sampai bersih.
  • Lakukan langkah diatas secara rutin 2 kali dalam seminggu

Menghilangkan Ketombe dengan Lidah Buaya


Selain bisa digunakan untuk mengatasi rambut rontok dan menghilangkan jerawat secara alami, lidah buaya juga bisa digunakan untuk mengatasi ketombe. Caranya :

  • ambil gel daun lidah buaya secukupnya
  • kemudian usapkan pada rambut, setelah itu diamkan selama kurang lebih 15 menit,
  • bilas sampai bersih.
  • Lakukan langkah diatas secara rutin 2 kali dalam seminggu.

Langkah ketiga untuk menghilangkan ketombe adalah dengan berjemur di bawah sinar matahari. Sempatkanlah menjemur rambut anda di bawah sinar matahari karna sinar matahari itu bisa menekan tumbuhnya jamur penyebab ketombe. Lakukan langkah ini secukupnya saja, jangan terlalu lama, karena apabila kelamaan malah bisa menjadikan kulit kepala menjadi kering. Selanjutnya Anda jangan mengikat atau  menutup rambut pada saat masih dalam keadaan basah atau lembab.

Itulah cara menghilangkan ketombe dengan cepat secara alami. Sebetulnya ada banyak cara untuk menghilangkan ketombe yang lain tapi menurut saya yang paling aman murah dan ampuh untuk menghilangkan ketombe adalah yang telah saya tulis diatas. Semoga bermanfaat

Perawatan Tubuh terkait: