Perawatan Wajah Berjerawat Secara Alami

Perawatan wajah berjerawat - Wajah bersih tanpa jerawat dan flek bekas jerawat memang menjadi dambaan bagi setiap orang. Dengan wajah yang bersih tanpa jerawat seseorang akan menjadi lebih percaya diri. Jerawat bisa tumbuh diwajah karena dipengaruhi oleh faktor lingkungan dan faktor pikiran seseorang. Sebenarnya jerawat bukanlah jenis penyakit yang tergolong serius, akan tetapi jerawat yang tidak segera mendapatkan perawatan bisa menjadi masalah kulit yang menjengkelkan.

Tak hanya menjengkelkan, jerawat yang tak kunjung sembuh bisa membuat kepercayaan diri menurun, bahkan menjadikan minder ketika bertemu dengan orang lain. Wajah berjerawat yang tak segera mendapat perawatan terlihat kotor, kusam dan kurang sedap dipandang. Oleh sebab itu, perawatan wajah berjerawat sangatlah penting guna mengatasi jerawat dan noda bekas jerawat dengan cepat.

Cara Perawatan Wajah Berjerawat


Kulit wajah berjerawat perlu segera mendapatkan perawatan agar jerawat tidak semakin parah. Sebelum melakukan perawatan wajah dengan benar, sebaiknya kenali dulu penyebabnya, hindari penyeab jerawat tersebut dan lakukan perawatan secara alami. Berikut ini adalah beberapa cara perawatan wajah secara alami sehingga terhindar dari masalah jerawat :

Perawatan Wajah Berjerawat dengan Banyak Minum Air Putih


Salah satu penyebab munculnya jerawat di wajah adalah penumpukan lemak berlebih. Oleh sebab itu, Anda perlu mengontrol asupan lemak kedalam tubuh serta melancarkan peredaran darah agar lemak - lemak yang tertimbun dalam kulit hilang, caranya adalah dengan memperbanyak minum air putih. Minum air putih tidak hanya berfungsi sebagai penghilang rasa haus, tapi juga berfungsi untuk melancarkan peredaran darah sehingga jerawat akan segera hilang.
[baca juga : cara memutihkan wajah secara alami]

Hindari Makanan Berlemak Tinggi untuk Perawatan Wajah Berjerawat


Sebagaimana yang telah kami uraikan diatas bahwa salah satu penyebab munculnya jerawat adalah penumpukan lemak berlebih. Kontrol asupan makanan dengan kadar lemak tinggi untuk mengatasi masalah jerawat. Jangan asal mengkonsumsi makanan tanpa mempertimbangkan akibat yang ditimbulkan. Bukan berarti Anda tidak boleh makan makanan berlemak, tapi cukup mengontrol saja, jangan terlalu banyak. Adapun makanan yang banyak mengandung lemak antara lain seperti gorengan, bakso, jeroan, kacang - kacangan dan lain - lain.

Perawatan Wajah Berjerawat Secara Alami

Perawatan Wajah Berjerawat dengan Mengkonsumsi Buah dan Sayur

Selain menghindari makanan berlemak tinggi Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan dengan serat tinggi, terutama buah dan sayur. Kadar lemak berlebih dalam tubuh bisa diminimalisir dengan banyak konsumsi buah dan sayur. Tak hanya mengurangi lemak, buah dan sayur juga bermanfaat untuk tubuh sebagai antioksidan penangkal masalah kulit wajah termasuk jerawat. Jika Anda tergolong orang yang tidak suka dengan buah dan sayur, Anda bisa memulainya dengan cara membuatnya sebagai makanan dengan bentuk lain yang unik dan menarik.

Rawat Wajah Berjerawat dengan Produk Pembersih Wajah yang Cocok


Jangan tergesa - gesa membeli produk pembersih wajah yang mahal tanpa memperhatikan kecocokannya dengan kulit wajah. Ada baiknya Anda konsultasikan keadaan kulit wajah Anda kepada dokter untuk menentukan produk pembersih wajah yang cocok. Pakailah produk cleanser dan produk cleanser alcohol-free yang sesuai dengan tipe kulit ajah Anda.

Jangan Pakai Pembersih Wajah Berlebihan


Ada orang yang beranggapan kalau jerawat bisa sembuh apabila wajah dibersihkan dengan sebersih - bersihnya. Perlu Anda ketahui bahwa penggunaan pembersih wajah berlebihan justru berakibat kurang baik bagi kulit wajah, bahkan penggunaan produk pembersih wajah berlebihan malah memicu munculnya jerawat. Untuk itu, gunakan produk pembersih wajah ala kadarnya saja, jangan terlalu berlebihan.

Rawat Wajah Berjerawat dengan tidak Berganti - ganti Produk Kecantikan


Setiap orang memiliki kulit wajah dengan tipe berbeda - beda, sehingga idak semua kulit wajah mau menerima produk kecantikan yang beredar di pasaran. Terlebih lagi bila Anda tergolong orang yang memiliki kulit wajah sensitif, berganti - ganti produk kecantikan justru membuat wajah kurang sehat dan memicu tumbuhnya jerawat. Jika Anda telah menemukan produk kecantikan yang cocok, maka berusahalah untuk menggunakan produk itu tanpa harus mencoba - coba produk lain.

Masker Madu untuk Perawatan Wajah Berjerawat


Madu adalah salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat dengan cara digunakan sebagai masker. Selain baik untuk kesehatan dan menjaga stamina, madu juga baik digunakan sebagai obat alami pengusi jerawat. Caranya pun cukup mudah, yaitu oleskan madu pada wajah sebelum tidur, diamkan selama kurang lebih 15 menit kemudian bersihkan dengan menggunakan air bersih. Untuk lebih banyak mendapatkan resep pengusir jerawat silahkan baca [cara menghilangkan jerawat secara alami]

Masker Mentimun untuk Wajah Berjerawat


Selain madu, mentimun juga bisa digunakan sebagai masker wajah untuk menghilangkan jerawat. Jenis lalapan ini sangat cocok digunakan untuk masker wajah karena banyak mengandung air dan zat lain yang dibutuhkan kulit wajah. Cara penggunaannya hampir sama dengan madu, yaitu iris mentimun tipis - tipis lalu tempelkan pada wajah beberapa saat kurang lebih 10 menit lalu bilas dengan menggunakan air bersih. Selain bisa mengatasi jerawat, masker timun ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan flek akibat bekas jerawat.
[baca : cara menghilangkan bekas jerawat secara alami]

Perawatan wajah berjerawat memang penting dilakukan agar jerawat segera sembuh dan wajah tampak bersih sehingga penampilan menjadi lebih percaya diri. Sangatlah penting mengetahui tipe kulit wajah untuk menentukan perawatan wajah yang paling cocok. Semoga bermanfaat

Perawatan Tubuh terkait: