Penyebab Rambut Rontok Dan Cara Mengatasinya Secara Alami

Penyebab rambut rontok – Rambut adalah sebuah pemberian dari Tuhan sebagai mahkota bagi manusia baik pria dan wanita. Kepercayaan diri seseorang menjadi lebih tinggi dengan memiliki rambut yang lebat dan baik. Sebaliknya, kepercayaan diri menjadi kecil jika rambut yang dimiliki adalah rambut yang kasar, bercabang dan mudah rontok.

Rambut rontok yang dibiarkan begitu saja bisa berakibat fatal, yaitu kepala menjadi botak, penampilan pu menjadi kurang menarik, terlebih lagi bagi kaum hawa. Demi mendapatkan rambut yang lebat dan subur banyak orang yang rela mengeluarkan biaya banyak, namun ada baiknya kita berhati – hati dalam melakukan perawatan rambut, jangan asal mencoba obat – obatan penyubur rambut yang terkadang justru membuat rambut rontok menjadi semakin bertambah parah.

Untuk menjaga rambut biar tetap sehat dan terhindar dari kerontokan, pertama kali yang perlu Anda ketahui adalah mengenali beberapa sebab – sebab terjadinya rambut rontok. Berikut ini adalah beberapa penyebab rambut rontok yang perlu Anda waspadai

Penyebab Rambut Rontok

Kulit Kepala Tidak Sehat Sebabkan Rambut Rontok


Telah kita ketahui bersama bahwa kulit kepala adalah tempat menempelnya akar – akar rambut. Kulit kepala yang tidak sehat jelas membuat rambut menjadi mudah rontok karena rambut kurang mendapatkan asupan nutrisi yang cukup.

Ketombe Sebabkan Rambut Rontok


Ketombe merupakan pengelupasan kulit kepala yang diakibatkan kulit mati. Ketombe merupakan salah satu penyebab kulit kepala tidak sehat yang akhirnya membuat rambut menjadi rapuh dan mudah rontok karena kurangnya asupan nutrisi.
[baca :cara menghilangkan ketombe secara alami dan cepat]

Jarang keramas Mengakibatkan Rambut Rontok


Rambut perlu dikeramasi secara teratur dengan menggunakan shampo agar rambut tidak kumal, lembab dan berminyak. Sinar matahari yang mengenai kepala membuat kulit kepala mengeluarkan keringat dan menjadikan rambut menjadi kumal jika tidak dikeramasi dengan rutin dan teratur, akibatnya rambut menjadi mudah rontok.

Hair Dryer Sebabkan Rambut Rontok


Jangan menggunakan hair dryer terlalu sering karena bisa membuat rambut menjadi kering, rapuh dan mudah patah. Hal ini perlu diwaspadai karena rambut rontok akan menjadi semakin parah jika penggunakan hair driyer dilakukan dengan terlalu sering.

Pemakaian Obat tertentu Sebabkan Rambut Rontok


Pemakaian obat kimia pada rambut, seperti obat pewarna rambut, pelurus rambut dan lain – lain dengan efek terlalu keras bisa mengakibatkan kerontokan rambut. Terlebih lagi obat rambut yang pemakaiannya perlu didiamkan selama beberapa menit, itu bisa membuat kerontokan rambut menjadi semakin parah.

Pengeriting Rambut Sebabkan Kerontokan


Pada saat proses pengeritingan, rambut dililitkan pada alat pengeriting lalu ditarik agak keras sehingga membuat akar rambut melemah. Oleh sebab itulah rambut menjadi mudah rontok jika penarikan yang dilakukan terlalu keras dan sering dilakukan.

Rambut Rontok Karena Bahan kimia


Beberapa bahan perawatan rambut yang banyak mengandung obat kimia adalah obat pewarna rambut / semir. Penggunakan semir rambut dengan kandungan bahan kimia terlalu tinggi bisa mengakibatkan kerontokan pada rambut, terutama obat semir yang penggunaannya perlu didiamkan dalam jangka waktu agak lama. Jika Anda terpaksa harus mewarnai rambut dengan semir, sebaiknya gunakan obat semir rambut rendah bahan kimia. 

Perubahan Hormon Sebabkan Rambut Rontok


Ketidak stabilan hormon pada diri seseorang bisa mengakibatkan kerontokan rambut. Hormon mulai tidak stabil ketika seseorang memasuki usia 30an tahun, tak heran jika banyak dijumpai orang yang rambutnya semakin rontok saat memasuki usia tua.

Rambut diikat kuat sebabkan Rambut rontok


Penyebab Rambut Rontok
Terkadang kaum hawa terpaksa harus mengikat kuat rambutnya karena dirasa mengganggu aktifitas. Perlu Anda ketahui bahwa pengikatan rambut dengan kuat bisa membuat akar rambut tertari dan membuat rambut menjadi lembab. Dengan demikian, kerontokan rambut pun tidak dapat dihindarkan.

Radikal bebas Sebabkan Rambut Rontok


Radikal bebas bisa mengakibatkan kesehatan rambut terganggu yang berakhir dengan kerontokan. Radikal bebas tersebut disebabkan karena polusi udara, pencemaran lingkungan karena bahan kimia, sinar matahari dan lain – lain.

Rambut Rontok Karena Pengobatan Penyakit Tertentu


Pengobatan terhadap penyakit tertentu terkadang membuat rambut rontok. Salah satu jenis pengobatan yang membuat rambut rontok adalah kemotherapi bagi penderita penyakit kanker. Banyak diantara mereka yang menjalani pengobatan kanker dengan kemoterapy berefek samping pada kerontokan rambut.

Konsumsi Makanan Panas Sebabkan Rambut Rontok


Mengkonsumsi makanan yang terlalu panas dan terlalu pedas bisa membuat kulit kepala berkeringat sehingga rambut menjadi lembab dan kumal. Dengan demikian rambut pun menjai mudah rontok.

Stress Sebabkan Rambut Rontok


Ketika seseorang pikirannya kacau dan stress maka otot syaraf menjadi tegang, akibatnya akar syaraf rambut melemah dan berakhir dengan kerontokan. Oleh sebab itu, berusahalah untuk selalu santai dan rileks dalam menghadapi segala tantangan hidup yang ada, meski terkadang masalah yang dihadapi terasa amat berat.

Beberapa sebab rambut rontok tersebut perlu Anda hindari guna menjaga rambut tetap sehat, lebat, subur dan tak mudah rontok. Meski demikian, terkadang rambut tetap saja rontok meski segala penyebabnya telah dijauhi. Oleh karena itu, kami lengkapi artikel ini dengan beberapa cara untuk mengatasi kerontokan rambut secara alami

Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami


Berikut ini adalah beberapa cara alami untuk mengatasi kerontokan rambut :

Mengatasi rambut rontok dengan lidah buaya


Untuk mengatasi rambut rontok dengan lidah buaya, Anda bisa melakukan beberapa langkah berikut ini :
  • Ambil beberapa lembar daun lidah buaya, cuci bersih lalu keluarkan gel nya
  • Selanjutnya, oleskan gel lidah buaya pada rambut
  • Diamkan rambut dengan olesan gel lidah buaya tersebut selama 20 menit
  • Bilas rambut dengan air sampai bersih
  • Keringkan rambut dengan menggunakan handuk bersih

Untuk mendpatkan hasil yang maksimal, lakukan perawatan rambut dengan lidah buaya ini secara rutin dua sampai tiga kali dalam seminggu.
[baca :cara menghilangkan bekas jerawat secara alami]

Atasi rambut rontok dengan kemiri


Ikuti langkah berikut ini untuk melakukan perawatan rambut dengan kemiri :
  • Ambil biji kemiri sebanyak 5 butir
  • Tumbuk kemiri tersebut sampai halus
  • Campur tumbukan kemiri tersebut dengan air dan gunakan untuk keramas sebagai pengganti shampo
  • Lakukan cara ini seminggu dua kali untuk mendapatkan hasil yang optimal


Daun Seledri Atasi Rambut Rontok


Tidak hanya lidah buaya dan kemiri, daun seledri pun bisa digunakan untuk mengatasi rambut rontok. Caranya adalah sebagai berikut :
  • Ambil satu genggam daun seledri lalu cuci hingga bersih
  • Tumbuk halus seledri tersebut dengan alat tumbuk atau dengan blender
  • Gunakan daun seledri yang telah ditumbuk tersebut untuk keramas sebagai ganti shampoo
  • Jangan lupa untuk melakukan perawatan ini dengan rutin dua sampai tiga kali dalam seminggu


Atasi Rambut rontok dengan teh hijau


Perawatan rambut bisa dilakukan dengan menggunakan teh hijau, caranya adalah sebagai berikut :
  • Ambil teh hijau secukupnya lalu seduh dengan menggunakan air hangat
  • Oleskan air seduhan teh hijau tersebut pada kulit kepala
  • Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air bersih
  • Keringkan rambut dengan handuk
  • Lakukan cara ini secara rutin dan teratur satu atau dua hari sekali.


Itulah penyebab rambut rontok dan cara alami mengatasi rambut rontok yang bisa kami tulis. Semoga bermanfaat  dan terima kasih atas kunjungan Anda...

Perawatan Tubuh terkait: